Juma’t 25 Juni 2021 lalu, Universitas IVET Semarang mengadakan kegiatan bincang sehat dengan tema “Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi”, yang diselenggarakan secara daring melalui virtual zoom. Kegiatan bincang sehat ini dipandu oleh Ibu Lenny Kurniati, M.Pd dan menghadirkan Dosen Prodi Gizi Universitas IVET  Ibu Chairunisa Nur Rarastiti, S.Gz, M.Si  selaku narasumber. Kegiatan dibuka oleh sambutan bapak Wakil Rektor II Universitas IVET Semarang, Bapak Suyanto, M.Pd yang menyampaikan bahwa sangat penting untuk memanfaatkan peran gizi dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 saat ini dengan memperkuat imunitas tubuh.

Kaitan gizi dengan imunitas tubuh adalah dengan semakin baiknya asupan gizi yang ada, maka status imunitas akan menjadi lebih baik. Tentunya, status imunitas yang baik diperoleh dari pola makan bergizi seimbang. Ibu Raras juga menambahkan, bahwa penting untuk mencukupi kebutuhan zat gizi demi meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat protein, vitamin, mineral antioksidan, dan air. Selain itu, penting untuk menghindari asupan gula, garam, dan minyak secara berlebih.

“Penerapan ‘Gizi Seimbang’ cocok untuk situasi dalam menghadapi pandemi ini. Pilar ‘Gizi Seimbang’ terdiri dari konsumsi makanan yang beragam dalam proporsi dan jumlah yang cukup atau dikenal dengan konsep ‘Isi Piringku’, menjalankan pola hidup bersih, olahraga teratur, dan menjaga berat badan”. Sebagai tambahan, penting untuk tidur yang cukup, berpikir rileks dan berjemur setiap pagi.

Kegiatan bincang sehat kali ini pun ditutup dengan sesi tanya jawab dari para peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *